Housekeeping atau dalam bahasa Indonesia disebut
Tata Graha merupakan salah satu departemen yang berada di dalam divisi yang
disebut Room Division atau Divisi
Kamar. Departemen lain yang berada dalam Divisi Kamar adalah Front office atau Kantor Depan. Jadi
ketika akan mengambil suatu pilihan, daftar Housekeeping
tidak tertera, melainkan nama Rooms
Division yang terdapat di daftar selain Food
and Beverage Service, Food & Beverage Product, Bakery and Pastry
Production, Tours and Travel dan sebagainya.
Rooms Division sendiri merupakan sebagai sebuah
divisi di hotel yang terdiri gabungan departemen dan fungsi yang memiliki peran
penting dan bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pemesanan kamar berikut
memberikan pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta
area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta
pencucian dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen lain.
Bagian yang bertanggung jawab dalam hal penyediaan dan
pemesanan kamar adalah Front office
Department atau Departemen Kantor Depan. Sedangkan bagian yang bertanggung
jawab terhadap pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar
serta area-area umum adalah Housekeeping
Department atau Departemen Tata Graha. Dalam lingkup Housekeeping ini, Laundry
atau Binatu merupakan satu bagian di dalamnya yang bertanggung jawab terhadap
jasa pelayanan pencucian pakaian tamu serta pencucian, penyimpanan dan
pemeliharaan linen yang digunakan oleh Housekeeping
maupun departemen lain.
Kurangnya minat para pelajar untuk mempelajari Housekeeping ini memang dapat dilihat
dari perbedaan antara tugas yang dilakukan oleh Staff Housekeeping dengan Staff departemen lain. Dalam satu divisi
sendiri di Rooms Division, antara Housekeeping dan Front office memiliki perbedaan yang sangat menonjol.
Front office yang bertanggung jawab terhadap
penyediaan dan pemesanan kamar tamu memiliki penampilan pakaian seragam kerja (uniform) yang lebih rapi dengan dasi
dan jas yang dikenakan oleh Staff Front
office, sedangkan Staff Housekeeping
hanya memiliki penampilan pakaian seragam yang biasa-biasa saja, seperti baju
lengan pendek dengan celana panjang yang di beberapa hotel menambahinya dengan
"aksesoris" garis vertical memanjang di sisi kanan kiri celana
panjangnya.
Pemilihan pakaian seragam tersebut sebenarnya bukan tanpa
alasan. Staff Front office setiap
hari akan bertemu dengan tamu, baik yang datang untuk check in atau menginap, memesan kamar atau keperluan lain, dan juga
datang untuk meninggalkan hotel atau check
out. Pakaian di Front office yang
dipilih secara tepat agar memberikan image
atau kesan dan pandangan yang baik di mata tamu-tamu tidak hanya terhadap Staff
atau departemen itu sendiri, namun juga terhadap hotel tersebut.
Sedangkan untuk Staff
Housekeepingpun haras dipilih yang sesuai dengan suasana kerja dan beban
kerja yang dilakukannya. Mengenakan pakaian seragam yang sepraktis mungkin
serta senyaman mungkin merupakan hal yang diperhatikan untuk Staff Housekeeping mengingat tugas Staff Housekeeping yang 85% berada di
lapangan, seperti tugas pembersihan dan perawatan area dibanding kerja
administrasi. Seorang Room Attendant
atau Public area Attendant tidak
mungkin mengenakan dasi atau jas dalam melakukan tugasnya sehari-hari.
Namun pakaian kerja bukanlah alasan untuk tidak melirik Housekeeping, karena Housekeeping sendiri merupakan
departemen yang sama derajat kepentingannya dengan departemen lain, seperti Front office, Food & Beverage Service
dan Product, Sales & Marketing dan sebagainya.
Penanganan, pelayanan dan pemeliharaan yang terencana dengan
baik dalam menuju standard kebersihan, kerapian dan kenyamanan yang menjadi
tugas dan tanggung jawab Housekeeping di
seluruh area hotel akan meyakinkan tamu akan kepuasan yang didapatkan. Ini
merupakan peran besar dalam ruang lingkup pentingnya Housekeeping Department dalam setiap detak kehidupan hotel. Nyaman,
bersih, rapi, indah dan terawatnya hotel merupakan jaminan bagi tamu untuk
terus dapat menikmati hotel selama menginap dan jaminan akan kembalinya tamu ke
hotel pada masa mendatang.
Hal lain yang perlu dipahami mengenai Housekeeping adalah bahwa departemen ini merupakan bagian yang
memegang peranan yang sangat penting atas kelancaran operasional di setiap
hotel. Apalagi tanggung jawabnya yang luas itu tidak hanya untuk pelayanan dan
kepuasan tamu, namun juga untuk kepentingan departemen lain dan juga untuk
manajemen.
Tidak ada satu departemenpun yang dapat menjalankan fungsi
dan tugasnya dengan lancar tanpa mendapat pelayanan dari Housekeeping Department. Semua department tentu sangat memerlukan
bantuan Housekeeping Department saat
mereka akan menjalankan tugasnya. Seperti banquet,
restaurant,front office, sales dan lain-lain.
Keyakinan dan kepercayaan diri ini yang sampai sekarang
belum dapat ditanamkan kepada para calon hotelier
yang ingin tumbuh dan berkembang di Housekeeping
Department. Amat disayangkan sekali melihat kenyataan bahwa kebanyakan dari
mereka bukanlah para hotelier lulusan
sekolah pariwisata, melainkan mereka yang lulusan sekolah menengah atas yang memang
mencari kerja.
Kalaupun ada di antara mereka yang lulusan sekolah
pariwisata yang menekuni Housekeeping
Department dan berhasil menduduki posisi puncak sebagai Executive Housekeeper, dan hingga posisi
Rooms Division Manager, bahkan pada
tingkat puncak sebagai General Manager
di sebuah hotel, itupun masih dapat dihitung dengan jari, namun ini sudah dapat
dijadikan sebagai contoh suatu keberhasilan, bahwa hotelier yang bekerja di Housekeeping
Department juga dapat berhasil menjadi pimpinan puncak, bukan hanya sebagai
pekerja yang sehari-harinya hanya mengurusi kebersihan kamar tamu, public area,
toilet dan sebagainya.
Hal ini tinggal bagaimana meyakinkan para calon hotelier untuk dapat memahami fungsi dan
posisi Housekeeping itu sendiri dan
jenjang karier yang sama besar dan sama pentingnya dengan mereka yang bekerja
di departemen lain yang mengenakan uniform
rapi, mengingat keberhasilan seseorang bukan hanya dilihat dari departemennya
atau pakaian kerjanya, namun dari potensi, bakat, kemampuan, keinginan besar
dan antusiasme untuk dapat berkembang menuju keberhasilan.
No comments:
Post a Comment