BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Seiring berkembangnya Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), peranansistem informasi dalam suatu
organisasi tidak diragukan lagi.
Dukungan
sistem informasi dapat membuat sebuah perusahaan memilikikeunggulan kompetitif.
Sekarang ini teknologi informasi
melesat dengan cepat, keberadaan sisteminformasi juga berperan penting dalam
sebuah perusahaan agar dapat bersaingdengan perusahaan lain di era globalisasi
seperti saat ini.
Otomatisasi kantor juga memberikan
fasilitas tugas. Tugas pemrosesan informasi sehari hari di dalam perkantoran
dan organisasi bisnis. Suatu perusahaan dalam mengembangkan pemrosen
data dibutuhkan suatukecepatan dalam pemrosen data menjadi sebuah informasi
Karena
bagaimanapun kita dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam waktuyang
seefisien mungkin sehingga bisa memberikan suatu kepuasan, baik untukperusahaan
maupun pelanggan perusahaan.
1.2
Rumusan
Masalah
1.
Apa yg dimaksud otomatisasi perkantoran?
2.
Apa tujuan dari otomatisasi perkantoran ?
3.
Apa manfaat dari otomatisasi perkantoran ?
4.
Siapa saja pengguna otomatisasi perkantoran ?
5.
Apa saja aplikasi otomatisasi perkantoran ?
6.
Apa saja macam-macam system otomatisasi kantor?
7.
Apa kerugian dan keuntungan dari penerapan otomatisasi
perkartoran ?
8.
Apa saja dampak
positif dan negative otomatisasi perkantoran?
9.
Bagaimana model otomatisasi perkantoran?
1.3
Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian otomatisasi perkantoran
2.
Untuk mengetahui
tujuan dari otomatisasi perkantoran
3.
Untuk mengetahui manfaat dari otomatisasi perkantoran
4.
Untuk mengetahui pengguna otomatisasi perkantoran
5.
Untuk mengetahui aplikasi otomatisasi perkantoran
6.
Untuk mengetahui macam-macam system otomatisasi kantor
7.
Untuk mengetahui kerugian dan keuntungan dari penerapan
otomatisasi perkantoran
8.
Untuk mengetahui dampak positif dan negative otomatisasi
perkantoran
9.
Untuk mengetahui model otomatisasi perkantoran
BAB II
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN OTOMATISASI KANTOR.
Otomatisasi Perkantoran adalah semua
sistem informasi formal dan informal terutama yang berkaitandengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar
perusahaan.Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana
untuk menggabungkan teknologitinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan
pekerjaan.Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM
menciptakan istilah word-processinguntuk menjelaskan kegiatan devisi mesin TIK
listriknya.
Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika
IBMmemasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST)
yaitu mesin ketik yangdapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita
magnetik secara otomatis.Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki
pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisikyang biasa dilakukan
oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal dengan istilah
OfficeAutomation atau OA.Read More
2.
TUJUAN OTOMATISASI PERKANTORAN
OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan
produktivitas kerja melalui:1.\
Meminimalkan/Penghindaran Biaya,
Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputermenunda penambahan
pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.2. Pemecahan
Masalah Kelompok, Otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara
manajeruntuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka
memecahkan masalah.3.
Pelengkap
Bukan Pengganti, OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal
tradisional- percakapan tatap muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada
memo, dan sejenisnya.4. Penggabungan dan Penerapan Teknologi, misalnya antara
telepon,komputer, jaringan internet,satelit, dll.5. Memperbarui Proses
Pelaksanaan Pekerjaan di Kantor, Produk OA atau office Automationmemungkinkan
para pekerja kantor ini memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan
lebihbaik.
3.
MANFAAT
OTOMATISASI PERKANTORAN
Agar
siswa lebih tahu dalam hal pemanfaatan sistem otomatisasi kantor yangmampu mengelola data inputan kerja menjadi sebuah
laporan dengan waktu yang lebihcepat, efisien serta dapat meminimalisasi
kesalahan dalam input atau User error.
Pendapatan yang lebih tinggi &
penghindaran biaya. Kompter tidak
menggantikan pekerjaan saat ini, tetapin computer menunda penambahan pegawai
yang di pelukan untuk menangani beban kerja yang bertambah. Pemecahan masalah
kelompok/tim. Cara OA berkontribusi ke dan dari manager membuatnya sangat cocok di terapkan untuk pemecahan
masalah kelompok. Pelengkap bukan pengganti. Suatu cara berkomunikasi bisnis,
OA (Office Automation) bukan tanpa keterbatasan.
4.
PENGGUNA OTOMATISASI PERKANTORAN
A.
Manajer
, adalah orang-orang yang
bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama sumber daya manusia.
B.
Professional, orang yang tidak mengelola orang
lain tetapi menyumbang keahlian khusus yang membedakan mereka dari sekretaris
dan pegawai administrative, contohnya pembeli, wiraniaga dan lain-lain.
C.
Sekretaris, biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik
tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas, seperti menangani korespondensi,
menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
D.
Pegawai
administratif,
biasanya bertugas melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti
mengoperasikan
5.
APLIKASI OTOMATISASI KANTOR
Berikut adalah beberapa aplikasi
otomatisasi kantor yang sering digunakan :
1.Pengolahan Kata (Word Processing)
Penggunaan alat elektronik yang
secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk
menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak. Pengolahan kata
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan memungkinkan manajer menyiapkan
komunikasi tertulis yang lebih efektif. Contoh : Ms Word
2.Surat Elektronik (Electronic
Mail/E-mail)
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan
para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan
terminal komputer dan alat penyimpanan. Surat elektronik dimaksudkan untuk
memecahkan berbagai masalah yang terdapat pada telepon konvensional
3.Voice Mail
Voice mail persis sama dengan
electronic mail. Perbedaannya ketika akan hanya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya dan
menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan.
4.Transmisi faximile (Fax)
Penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan
dioperasikan (jalur telepon sebagai channel, mengoperasikannya seperti mesin
foto kopi.
5.Konferensi Audio (Audio
Conference)
Penggunaan peralatan komunikasi
suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara
geografis untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi
OA pertama yang masih banyak digunakan. Hanya memerlukan penggunaan fasilitas
komunikasi audio dua arah. Daya tarik konfrensi audio :
- Biaya peralatan yang diperlukan terjangkau
- Orang-orang merasa santai berbicara di telepon
- Menghemat waktu persiapan
6. MACAM – MACAM SYSTEM OTOMATISASI
KANTOR
A. System Komunikasi Elektonik
System
komunikasi elektronik (electronic communication system ) merupakan system
teknologi informasi yang digunakan untuk berkomunikasi diantara individu,
grup-grupkerja dan organisasi-organisasi. Yang termasuk dalam system ini adalah
e-mail, voicemail, facsimile dan bulletin board system.Bulletin board system
(BBS) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet yangmemungkinkan suatu pesan
disimpan di lokasi dan selanjutnya dapat diakses dandidesain oleh orang lain
B.
System
Kolaborasi Elektronik
Sytem kolaborasi elektronik adalah
suatu system yang tidak hanya pertukarankomunikasi atau pesan, tetapi juga
bagaimana informasi atau pesan tersebut digunakanuntuk bekerja sama. Contoh
aplikasi yang ada pada OA, yang tergolong dalam systemkolaborasi adalah
teleconference dan telecommuting.Telecommuting adalah kolaborasi elektronik
yang digunakan oleh pekerja yang bekerjadari jarak jauh dengan kantornya
C.
System Publikasi Dan Pengolahan Imej
Elektronik
System publikasi elektronik
(electronic publishing system) adalah penggunaan teknologiinformasi untuk
keperluan pembuatan dokumen tercetak. Yang termasuk aplikasi darisystem
pubikasi dan pengolahan imej elektronik adalah desktop publishing,
elektonikdocument management, presentase graphics dan multimedia
presentation.Elektonik document management (EDM) merupakana system penyimpanan
documentyang membentuk basis data imej (image database) yang nantinya dapat
diakses dandiproses kembali.Presentation graphic digunakan untuk menampilkan
grafik yang akan dipresentasikan.Sedangkan multimedia presentation tidak hanya
mempresentasikan grafik saja, tetapimemungkinkan untuk mempresentasikan dalam
beberapa bentuk media seperti teks,grafik, foto, suara dan video.
D.
System Pengolahan Kantor
System pengolahan kantor (office management
systems) merupakan system kantor otomatis yang mendukung orang-orang di
organisasi untuk mengorganisasikanaktivitas-aktivitas kerja mereka. Yang
termasuk dalam system ini adalah desktopaccessories dan electronic scheduling
atau kalender elektronik.Desktop accessories menyediakan alat-alat seperti
kalkulator, kalender, jam, notepad,daftar nomer telepon dan daftar jam janjian.
Electronic scheduling membantu pemakai-pemakai system ini untuk mengatur skejul
kerja mereka.
E.
System Elektronik Formal
System
Elektronik Formal didokumentasikan dengan
suatu sistem prosedur tertulis. Diterapkan diseluruhperusahaan untuk memenuhi
kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM
F.
System Elektronik Informal
System
Elektronik Informaltidak direncanakan atau
diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem OA ini diterapkan saatdiperlukan oleh
perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan DSS
7. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OTOMATISASI PERKANTORAN
A.
KEUNTUNGAN PENGGUNAAN OTOMATISASI
PERKANTORAN :
1. Meningkatkan Produktifitas Kerja
2. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga
3.
Alur Informasi Dalam
Kantor menjadi semakin cepat
Dll
B.
KERUGIAN APENGGUNAAN OTOMATISASI
PERKANTORAN :
1. Menjadi Ketergantungan akan teknologi
2. Akan adanya penggantian kerja yang dulunya
dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh system OA
3. Banyaknya ahli-ahli komuter yang tidak
bertanggung jawab yang bisa merugikan perusahaan seperti pencurian data
rahasia.
8.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIVE OTOMATISASI PERKANTORAN
A.
DAMPAK POSITIF OTOMATISASI KANTOR
Mendorong untuk belajar keterampilan
baru. Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin-mesin. Lebih
mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan. Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan
peralatan, teknologi/elektronik, programmer dan rekayasa software. Kesempatan
untuk memperpendek dari kerja setiap minggu. Lebih sedikit pekerjaan
B.
DAMPAK NEGATIVE DARI OTOMATISASI
KANTOR
Cenderung karyawan menjadi
“machine-minders”. Masalah kesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti
layar, printer dan sebaginya. Kehilangan kontak personal, karena penyampaian
informasi dilakukan oleh mesin. Implikasi terhadap pemberi pekerjaan. Memerlukan
waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik. Menimbulkan
keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan. Tidak seluruh software
yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan
9.
MODEL OTOMATISASI KANTOR
Keterangan Gambar diatas adalah :
Karena OA
tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi padaisi informasi.
Informasi dikumpulkan dari system fisik perusahaan ( SIAmengumpulkan datanya).
Informasi juga disediakan oleh lingkungan.
Informasi
berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis computer sepertipengolah
kata, e-mail, dann konferensi komputer .
Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah
garis yang memisahkanperusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa
orang-orang itu mungkinberada di kedua area tersebut.
Model tersebut juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis
non-komputer seperti konferensi video dan audio.
10.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN :
Tahun 1964 diperkenalkan satu
generasi baru alat penghitung yangmempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep
penggunaan komputer sebagai SIM (Sistem Informasi Manajemen) dipromosikan
oleh pembuatkomputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM (Sistem
InformasiManajemen) menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk
tujuanutama menghasilkan informasi manajemen.
Otomatisasi kantor (office
automation/OA) memudahkan komunikasi danmeningkatkan produktivitas diantara
para manajer dan pekerja kantor melaluipenggunaan alat elektronik. OA telah
berkembang meliputi beragam aplikasiseperti konferensi jarak jauh, voice mail,
e-mail, electronik calendaring, facsimiletransmission. Komputer dapat diprogram
untuk melaksanakan sebagianpenalaran logis yang sama seperti manusia, suatu
aplikasi yang dinamakankecerdasan buatan (artificial intelligence).
bisa nggak anda sebutkan contoh dari otomatisasi perkantoran
ReplyDeletebisa nggak anda sebutkan contoh dari otomatisasi perkantoran
ReplyDeleteijin copas
ReplyDelete