Search This Blog

Tuesday, 17 February 2015

Bahasa Indonesia "Klasifikasi GAME"



Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafisnoughts and crosses (noldansilang) yang diberinama Tic-Tac-Toe, di University of Cambridge untukmendemonstrasikantesisnyatentanginteraksikomputerdanmanusia. Permainaninibekerjapadakomputerbesar yang menggunakan CRT display.,Permainanini deprogram padakomputer EDSAC vacuum-tube yang memilikitampilantabungsinarkatode. Kemudian William Higinborhammenciptakan video game pertamapadatahun 1958.Permainaninidiberijudul “Tennis for Two”, diciptakandandimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory.Padatahun 1962, Steve Russell menciptakanSpaceWar! Permainaninimerupakanpermainanpertama yang dimaksudkanuntukpemakaiankomputer.Russelmenggunakan MIT PDP-1 komputer mainframe untukmeciptakanpermainanini.Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video game pertama yang dimaikandengantelevisi, sebuahpermainan yang diberinama Chase. Ralph Baer akhirnyamenjadibagiandari Sanders Associates, sebuahperusahaanelektronikmiliter. Ralph mencetuskanidenyauntukpertama kali pada 1951, saatsedangbekerjauntuk Loral, sebuahperusahaancomputer .
Video games pertama kali digunakansebagai medium hiburan yang bersifatkomersialpadatahun 1970-an. Pada 1971, Nolan Bushnell bersamadengan Ted Dabney, menciptakanpermainan arcade yang pertama.
Permainaninidiberinama Computer Space, yang diciptakanberdasarkanpadapermainanSpaceWar! Permainan arcade Pong diciptakanoleh Nolan Bushnell (denganbantuan Al Alcorn) setahunkemudianpadatahun 1972. Nolan Bushnell dan Ted Dabneymemulaidengan Atari Computer padatahun yang sama. Padatahun 1975, Atari kembalimeluncurkan Pong sebagai home video game.Tahun 1972, hiburanpertama video game komersialdapatdimainkan di rumah, Odyssey, diluncurkanoleh Magnavox dandidesainoleh Ralph Baer. Permainanmesininiaslinyadidesainpadasaat Ralph Baer masihberada di Sanders Associates padatahun 1966, Baer mengurusuntukmendapatkanijinlegalnyasetelahditolakoleh Sanders Associates.Permainan Odyssey deprogram denganduabelaspermainan.Padatahun 1976, Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertamadandiberinama Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F merupakansalahsatudari electronic system yang pertamamenggunakan microchip yang diciptakanoleh Robert Noyceuntuk Fairchild Semiconductor Corporation.
Mengikutipesatnyaperkembangan game padaawaltahun 1980an, video games menjadisebuahdasar yang pentingbagiindustrihiburan di AmerikaSerikat, Jepang, danEropa. Video game telahmengalamiperkembanganselamaduadekadedanmenjadiindustri yang berharga $10 miliarpadatahun 1980 an. Di pertengahansampaiakhir 1980-an game yang muncul di pasaranhadirdenganfungsi scrolling atau virtual paging, hadirnyaproduk monitor warna di awaltahun 1980-an membuatparapenggila game makinantusias, sehinggaperpindahansuasana game darihalamankehalaman lain menjadilebihhidup. Suaradanmusikpengiringikutjugamenyemarakkan game di era inimelengkapifungsi multimedia daninteraktif. Tentubanyak yang tahudengan game watch.Perangkatberukuran mini danterasa pas di genggamantanganinimulaitahun 1980 oleh Nintendo.
Masukkezaman Era game 3 dimensi (3D) denganperspektif orang pertamadan multiplayer game mulaimuncul di era ini.Suaradanmusiksemakinberkembang di pertengahan 1980-anseiringdenganhadirnyaproduk sound card. Jadi, memangterasabahwapasar game komputersemakinberkembangsejalandenganperkembanganteknologipendukungnya. Di sisikonsumen, game pun menjadilebihnyatadanmenarik.Pada era ini game komputermemanglebihbanyak item judulnyakarenadenganperangkatstandarhampirsemua game produksipihakketigabisadimainkan di PC. Sedangkanuntukpasar video game, didominasiolehpemilikstandar, Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360, dan Nintendo.
                                                                                                                                                                
Klasifikasi Game

Terdapatberbagaimacamklasifikasi game, antaralainadalah:

1. FunGames
Fun games adalahpermainan yang animasinyasedikitdanpembuatannyarelatifmudah. Permainansemacaminiterlihatmudahdarisegigrafiknyatetapibiasanyasulitdalamalgoritma.Contohnyaseperti : skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games danmasihbanyaklagi.

2. ArcadeGames
Arcade games adalahsemuapermainan yang mudahdimengerti, menyenangkandangrafiknyabaguswalaubiasanyasederhana. Pengertianmudahdimengertidanmenyenangkandikarenakanpermainaninihanyalahberkisarpadahal-hal yang disenangiumumsepertipukulmemukul, tembakmenembak, tusukmenusuk, kejarmengejardansemua yang mudahdanmenyenangkan. Yang termasukkedalampermainanjenisiniadalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.

3. Strategic Games
Strategic games biasanyapermainanstrategiperangataubisajugapermainanlaintetapitetapsajamemerlukanstrategiuntukmemenangkannyasepertistartegibisnisdanstrategipolitik.

4. Adventure Games
Adventure games terbagiatastigamacamyaitupetualanganbiasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanyaalgoritmauntukmembuat game iniadalahsedang-sedangsajasampaisulit. Tapigrafikjenispermainaninibenar-benarsulit.Contohbeberapapermainanjenisiniadalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.

5. Simulation Games
Dari semuajenispermainan yang ada, masing-masingmemilikitingkatkesulitandankemudahannya, jikabukanalgoritmanyamakaakanmudahdalamhalanimasinya, akantetapi games simulasibisadisebutsebagaijenispermainan yang paling sulit, baikalgoritmapembuatannyamaupunanimasinya. Permainanjenisinijuga yang paling membuatpusingdibandingkandenganpermainanjenislainnya.Algoritmanyasangatsulitsebabharusmemperhitungkansemuakejadiandalamkondisisebenarnya.Berbagaiefekanimasi yang dibuattidakcukupbermodalkanahligrafikdanalgoritmasaja, tetapisedikitnyaharusmengertipersoalanmatematika, teknikdanfisika.Contohpermainanjenisiniadalah Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.

6. Serious game
Serious game merupakansuatukonsep game dengantujuanuntukkepentingantrainning, advertising, simulasi, edukasi. Game inidigunakanuntukmenumbuhkan, mengedukasi, danmemotivasipemainuntuksatutujuantertentu..Tujuanlainbisajugauntukkepentingan marketing dan advertising. Di Amerikasendiri, serious game inibanyakditerapkan di kalanganpemerintahansertaparaprofesonalkesehatan.


7. Game OnLine
Tekonologi games online diilhamiolehpenemuanmetode networking komputertahun 70-an olehmiliter di Amerika.Dari konsepinilahdikembangkanberbagaifiturbarutermasuk game.Pertamajaringan yang digunakanmasihLokal Area Network (LAN).Kesininyasudahmenggunakanjaringan yang luasmelaluijalur www (world wide web) atau internet yang bisadiakses via nirkabel. Tidaksepertikirim email atau browsing yang tinggallangsungklik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing, untukbisamemainkan game online kitaharusmeng-install dulu program game-nya. Tentunya agar lebihasyik, perangkatkeras (hardware) yang digunakanharusmemadaijuga.Berbedadengan game biasa.Padapermainan game online kitaharusregistrasiterlebihdahuluuntukdapatmemainkannya. ContohpermainanjenisiniadalahRagnarok Online, Getamped-R, Seal Online,Luna Online , Warcraft (Dota), Point Blank,dll.

 

No comments:

Post a Comment