Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafisnoughts and
crosses (noldansilang) yang diberinama Tic-Tac-Toe, di University of Cambridge
untukmendemonstrasikantesisnyatentanginteraksikomputerdanmanusia.
Permainaninibekerjapadakomputerbesar yang menggunakan CRT display.,Permainanini
deprogram padakomputer EDSAC vacuum-tube yang
memilikitampilantabungsinarkatode. Kemudian William Higinborhammenciptakan
video game pertamapadatahun 1958.Permainaninidiberijudul “Tennis for Two”,
diciptakandandimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory.Padatahun
1962, Steve Russell menciptakanSpaceWar! Permainaninimerupakanpermainanpertama
yang dimaksudkanuntukpemakaiankomputer.Russelmenggunakan MIT PDP-1 komputer
mainframe untukmeciptakanpermainanini.Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video
game pertama yang dimaikandengantelevisi, sebuahpermainan yang diberinama
Chase. Ralph Baer akhirnyamenjadibagiandari Sanders Associates,
sebuahperusahaanelektronikmiliter. Ralph mencetuskanidenyauntukpertama kali
pada 1951, saatsedangbekerjauntuk Loral, sebuahperusahaancomputer .
Video games pertama kali digunakansebagai medium hiburan
yang bersifatkomersialpadatahun 1970-an. Pada 1971, Nolan Bushnell
bersamadengan Ted Dabney, menciptakanpermainan arcade yang pertama.
Permainaninidiberinama Computer Space, yang
diciptakanberdasarkanpadapermainanSpaceWar! Permainan arcade Pong
diciptakanoleh Nolan Bushnell (denganbantuan Al Alcorn)
setahunkemudianpadatahun 1972. Nolan Bushnell dan Ted Dabneymemulaidengan Atari
Computer padatahun yang sama. Padatahun 1975, Atari kembalimeluncurkan Pong
sebagai home video game.Tahun 1972, hiburanpertama video game
komersialdapatdimainkan di rumah, Odyssey, diluncurkanoleh Magnavox
dandidesainoleh Ralph Baer. Permainanmesininiaslinyadidesainpadasaat Ralph Baer
masihberada di Sanders Associates padatahun 1966, Baer
mengurusuntukmendapatkanijinlegalnyasetelahditolakoleh Sanders
Associates.Permainan Odyssey deprogram denganduabelaspermainan.Padatahun 1976,
Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertamadandiberinama
Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F
merupakansalahsatudari electronic system yang pertamamenggunakan microchip yang
diciptakanoleh Robert Noyceuntuk Fairchild Semiconductor Corporation.
Mengikutipesatnyaperkembangan game padaawaltahun 1980an,
video games menjadisebuahdasar yang pentingbagiindustrihiburan di
AmerikaSerikat, Jepang, danEropa. Video game telahmengalamiperkembanganselamaduadekadedanmenjadiindustri
yang berharga $10 miliarpadatahun 1980 an. Di pertengahansampaiakhir 1980-an
game yang muncul di pasaranhadirdenganfungsi scrolling atau virtual paging,
hadirnyaproduk monitor warna di awaltahun 1980-an membuatparapenggila game
makinantusias, sehinggaperpindahansuasana game darihalamankehalaman lain
menjadilebihhidup. Suaradanmusikpengiringikutjugamenyemarakkan game di era
inimelengkapifungsi multimedia daninteraktif. Tentubanyak yang tahudengan game
watch.Perangkatberukuran mini danterasa pas di genggamantanganinimulaitahun
1980 oleh Nintendo.
Masukkezaman Era game 3 dimensi (3D) denganperspektif orang
pertamadan multiplayer game mulaimuncul di era
ini.Suaradanmusiksemakinberkembang di pertengahan 1980-anseiringdenganhadirnyaproduk
sound card. Jadi, memangterasabahwapasar game
komputersemakinberkembangsejalandenganperkembanganteknologipendukungnya. Di
sisikonsumen, game pun menjadilebihnyatadanmenarik.Pada era ini game
komputermemanglebihbanyak item judulnyakarenadenganperangkatstandarhampirsemua
game produksipihakketigabisadimainkan di PC. Sedangkanuntukpasar video game,
didominasiolehpemilikstandar, Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox
360, dan Nintendo.
Klasifikasi Game
Terdapatberbagaimacamklasifikasi game, antaralainadalah:
1. FunGames
Fun games adalahpermainan yang
animasinyasedikitdanpembuatannyarelatifmudah.
Permainansemacaminiterlihatmudahdarisegigrafiknyatetapibiasanyasulitdalamalgoritma.Contohnyaseperti
: skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack
Games danmasihbanyaklagi.
2. ArcadeGames
Arcade games adalahsemuapermainan yang mudahdimengerti,
menyenangkandangrafiknyabaguswalaubiasanyasederhana.
Pengertianmudahdimengertidanmenyenangkandikarenakanpermainaninihanyalahberkisarpadahal-hal
yang disenangiumumsepertipukulmemukul, tembakmenembak, tusukmenusuk,
kejarmengejardansemua yang mudahdanmenyenangkan. Yang
termasukkedalampermainanjenisiniadalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden
Axe, Grand Prix, Robocop.
3. Strategic Games
Strategic games
biasanyapermainanstrategiperangataubisajugapermainanlaintetapitetapsajamemerlukanstrategiuntukmemenangkannyasepertistartegibisnisdanstrategipolitik.
4. Adventure Games
Adventure games terbagiatastigamacamyaitupetualanganbiasa
(Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll
Playing Game Adventure. Biasanyaalgoritmauntukmembuat game
iniadalahsedang-sedangsajasampaisulit.
Tapigrafikjenispermainaninibenar-benarsulit.Contohbeberapapermainanjenisiniadalah
Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
5. Simulation Games
Dari semuajenispermainan yang ada,
masing-masingmemilikitingkatkesulitandankemudahannya,
jikabukanalgoritmanyamakaakanmudahdalamhalanimasinya, akantetapi games
simulasibisadisebutsebagaijenispermainan yang paling sulit,
baikalgoritmapembuatannyamaupunanimasinya. Permainanjenisinijuga yang paling
membuatpusingdibandingkandenganpermainanjenislainnya.Algoritmanyasangatsulitsebabharusmemperhitungkansemuakejadiandalamkondisisebenarnya.Berbagaiefekanimasi
yang dibuattidakcukupbermodalkanahligrafikdanalgoritmasaja,
tetapisedikitnyaharusmengertipersoalanmatematika,
teknikdanfisika.Contohpermainanjenisiniadalah Stellar7, F-15 Strike Eagle,
Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
6. Serious game
Serious game merupakansuatukonsep game
dengantujuanuntukkepentingantrainning, advertising, simulasi, edukasi. Game
inidigunakanuntukmenumbuhkan, mengedukasi,
danmemotivasipemainuntuksatutujuantertentu..Tujuanlainbisajugauntukkepentingan
marketing dan advertising. Di Amerikasendiri, serious game inibanyakditerapkan
di kalanganpemerintahansertaparaprofesonalkesehatan.
7. Game OnLine
Tekonologi games online diilhamiolehpenemuanmetode
networking komputertahun 70-an olehmiliter di Amerika.Dari
konsepinilahdikembangkanberbagaifiturbarutermasuk game.Pertamajaringan yang
digunakanmasihLokal Area Network (LAN).Kesininyasudahmenggunakanjaringan yang
luasmelaluijalur www (world wide web) atau internet yang bisadiakses via
nirkabel. Tidaksepertikirim email atau browsing yang tinggallangsungklik IE
(internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing,
untukbisamemainkan game online kitaharusmeng-install dulu program game-nya.
Tentunya agar lebihasyik, perangkatkeras (hardware) yang
digunakanharusmemadaijuga.Berbedadengan game biasa.Padapermainan game online
kitaharusregistrasiterlebihdahuluuntukdapatmemainkannya.
ContohpermainanjenisiniadalahRagnarok Online, Getamped-R, Seal Online,Luna
Online , Warcraft (Dota), Point Blank,dll.
No comments:
Post a Comment