Search This Blog

Wednesday, 3 September 2014

ARTIKEL USAHA BAJU ONLINE


A. JUDUL PROGAM
Usaha Baju Online
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Fashion sangatlah penting bagi kalangan muda yang ingin tampil modis,dan begitu juga para orang tua yang juga ingin tampil modis dan rapi.
Sehingga banyak masyarakat yang ingin mebeli fashion yang up to date atau tren masa kini, yang orang tua pun tidak ingin kalah dengan anak muda yang ingin tampil modis.
Untuk menyemarakkan dunia fashion terkini, saya ingin menampilkan fashion yang tidak hanya modis di kalangan muda juga di kalangan tua.
C. PERUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah dalam Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang Kewirausahaan ini adalah:
1.            Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha Baju online sebagai fasilitas tempat pembelanjaan terpercaya
2.            Bagaimana mempromosikan Baju Online agar masyarakat mengetahui bahwa fashion sekarang sudah berkembang pesat
3.            Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat tentang bisnis ini
4.            Bagaimana memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi masyarakat
D. TUJUAN PROGAM
Tujuan dari  Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:
1.            Fashion terutama Baju Online sebagai bisnis terpercaya
2.            Dapat mempromosikan Baju Onlineagar masyarakat tidak perlu ke toko untuk berbelana
3.            Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk
4.            Dapat memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan tentang fashion yang up to date

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Sedangkan Luaran yang dapat diperoleh dalam jangka panjang adalah:
1.            Agar masyarakat mengetahui fashion tren masa kini
2.            Terwujudnya masyarakat yang modern dan tidak ketinggalan zaman
F. KEGUNAAN  PROGRAM
1.            Merangsang pengetahuan tentang fashion yang disukai oleh masyarakat
2.            Membuka wawasan masyarakat dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu mengadapi pesaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.

G. GAMBARAN UMUM USAHA
1.      Ide Produk
Memang, Saat ini banyak sekali Baju Online yang berterbangan. Tetapi saya memakai produk yang harganya terjangkau dan bisnis terpercaya alias tidak mengecewakan pelanggan dalam artian ada uang ada barang.
2.         Deskripsi Usaha
Wirausaha Baru yang memiliki Baju Online dengan harga terjangkau,apalgi hanya tinggal klik barang sudah dikirim dirumah dengan free ongkir. Sangatlah jarang. Keunggulan dari usaha ini antara lain manfaatnya bagi masyarakat yaitu sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang fashion dunia.
3.         Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :
·         Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkanpengambilan barang baju terbanyak seperti Lusinan di sebuah tanah abang, sehingga saya menaikkan 20 % dari harga satuan per bajunya.
·         Strategi Promosi
1.            Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
A.   Setiap UlangTahun para coustemer, jika mereka sebelumnya sudah melakukan transaksi 5x pembelian Baju. Mendapatkan potongan harga 50% dari harga normalnya dan potongan ini tidak berlaku apabila jika produk yang dipilih terdapat diskonan juga.
H. METODOLOGI PELAKSANAAN
Belanja online ini officialnya terdapat di daerah ciledug. Untuk merealisasikan usaha belanja online akan dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :
1. Persiapan perlengkapan Usaha
Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan usaha, peralatan tersebut antara lain :
·         Komputer/laptop
·         Meja kecil
·         Kursi

·         Kipas angin
2. Perakitan alat
Bahan yang diperlukan pada fasilitas belanja online adalah baju yang lagi trend atau hits saat kini dengan harga terjangkau
I . RANCANGAN BIAYA
PEMASUKAN
NO.
SUMBER
PEMASUKAN
1.
Modal sendiri
Rp. 5.500.000,00
TOTAL
Rp. 5.500.000,00
PENGELUARAN
1.            Biaya Pelaksanaan dan Operasional Awal Usaha untuk belanja online
No
Pemanfaatan
jumlah (buah)
harga satuan
total biaya
1.
Modal Awal Operasional Usaha


3,000,000.00
2.
Biaya promosi


500,000.00


jumlah
Rp.3,500,000.00
Analisis Usaha persewaan buku
A. Biaya Tetap (Fix Cost)
Uraian
Jumlah
Harga
Satuan
(Rp.)
Besarnya
(Rp)
meja
1 buah
150.000
150.000
laptop
1 buah
2000,000
2000,000
Kipas angin
1 buah
250,000
250.000
kursi
1 buah
50,000
500,000
Total


2,900,000

J. LAMPIRAN
1. NAMA DAN BIODATA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK
1.         Ketua Pelaksana Kegiatan:
1.            Nama Lengkap             : Yasiana dwi jayanti
2.            NIM                               : 3321100036
3.            Fakultas/Progam Studi  : akuntansi
4.            Perguruan Tinggi           : Universitas MercuBuana
II. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING
1. Nama Lengkap dan Gelar     : bpk. Atep Sain
2. NIP                                        :
3. Fakultas                                 : Ekonomi
4. Perguruan Tinggi                   : Universitas MercuBuana
III . Lain – lain
Business Plan ”Usaha baju online”.
Nama usaha     : yanacollection
Pemilik usaha    : yasiana
Lokasi usaha    : official ciledug
Besar Modal    :  Rp.5,500,000.00
Asal Modal      :  Modal sendiri
Jenis usaha       :  Menyediakan baju yang lagi trend saat ini
Usaha Utama    :  baju
Target pasar     :  Masyarakat umum, dan masyarakat luas.
Kapasitas usaha /hari : 13jam/hari
Pemasaran        :
   2  Bulan pertama    : Memperkenalkan usaha baju online kepada Masyarakat khusus lewat online
   2 Bulan  ketiga        : Melakukan promosi-promosi yang sudah dibuat
Strategi pemasaran       :
·         Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan pengambilan barang baju terbanyak seperti Lusinan di sebuah tanah abang, sehingga saya menaikkan 20 % dari harga satuan per bajunya.
·         Strategi Promosi
1.    Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2.    Setiap UlangTahun para coustemer, jika mereka sebelumnya sudah melakukan transaksi 5x pembelian Baju. Mendapatkan potongan harga 50% dari harga normalnya dan potongan ini tidak berlaku apabila jika produk yang dipilih terdapat diskonan juga.

Analisis SWOT:
1. Strength        :
a. Modal untuk memulai usaha kecil.
b. Potensi usaha sangat besar lewat online.
c. tidak ada jam kerja
2. Weekness    :
a.  Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3. Opportunity:
a. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada baju online lainnya
b. baju yang ditampilkan trend atau hits
4. Threath        :
a.  Timbul usaha yang sejenis
b. Jaringan usaha yang belum luas

No comments:

Post a Comment