Search This Blog

Wednesday 2 September 2015

Ruang Lingkup Dalam Pelajaran Simulasi Digital

1. Komunikasi dalam jaringan
komunikasi dalam jaringan atau di singkat Daring yaitu memanfaatkan jejaring internet untuk mencari atau mendapatkan informasi sebagai pendukung.
Komunikasi daring :
Synchronous = komunikasi dalam satu waktu yang bersamaan.
Asynchronous = komunikasi yang terjadi secara tertunda

2. Presentasi Video
Presentasi video adalah media untuk mengkomunikasikan gagasan / konsep dengan bentuk video atau gambar bergerak.

3. Kelas Maya
Kelas maya adalah kelas yang di selenggarakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan internet.

4. Simulasi Visual
Simulasi Visual adalah menggambarkan sebuah objek benda dengan lebih jelas seperti hidup dengan memanfaatkan animasi 3 Dimensi.


5. Buku Digital
Buku digital adalah buku maya yang memungkinkan penggunanya untuk membawa, menyimpan, dan membacanya hanya dengan menggunakan peralatan kecil seperti Smartphon

2. Hal hal yang harus diperhatikan dalam mengirim email

1. Pastikan mengisi subject dengan jelas dan benar.
2. Pastikan isi pesan tertulis singkat dan jelas.
3. Pastikan membaca kembali isi pesan sebelum mengirimkannya.
4. Pastikan alamat pengirim tertulis benar dan tepat.
5. Pastikan tata bahasanya tepat dan benar.
6. Pastikan tidak ada kata-kata yang tidak pantas, atau tertulis dalam huruf besar karna bisa terjadi "misunderstanding" oleh penerimanya.
7. Pastikan email anda bukan "pesan berantai".
8. Pastikan isi email bukan bertujuan untuk hal yang tidak benar.
9. Pastikan email anda bukan pesan sampah.
10. Pastikan email anda terkirim 

3.jelaskan fungsi menu-menu pada Gmail berikut ini

1 : Tulis : untuk menulis pesan baru
- 2 : Kotak masuk : untuk melihat email yang masuk
- 3 : Email : email yang masuk
- 4 : Pengirim : untuk melihat siapa yang mengirim email
-5  : Tanggal : untuk melihat waktu dan tanggal email masuk
- 6 : Foto : foto profil yang digunakan dalam akun
 - 7 : Nama : user atau nama yang digunakan dalam akun
 - 8 : Search : bar yang digunakan untuk mencari sesuatu yang diinginkan
- 9  : Hangout : untuk meliahat siapa saja yang online


Komponen Pendukung Komunikasi Dalam jaringan
1.         Modem
Modem merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet melalui jaringan telepon standar. Modem merupakan kependekan dari modulator/demodulator. Ini berarti modem bekerja mengkonversi sinyal digital dari komputer menjadi bentuk sinyal analog agar dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Kemudian modem ini juga mengkonversi ulang sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital agar dapat diterima oleh komputer. Kecepatan modem bervariasi, tetapi yang sekarang umum digunakan adalah modem dengan kecepatan 56 Kbps.





2.      Hub
Hub merupakan komponen yang digunakan untuk membangun jaringan dengan topologi star. Biasanya kabel yang digunakan untuk menghubungkan hub dengan komputer adalah kabel dengan jenis twisted pair, dengan konektor RJ-45.

  1. Switch
    Fungsi komponen ini sama dengan hub, tetapi switch umumnya lebih "cerdas" dan memiliki performa tinggi dibanding hub (harganya pun lebih mahal).


  1. Repeater
    Komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.

  1. Bridge
    Komponen ini lebih simpel dan murah dibanding router. Bridge hanya menyampaikan paket, namun tidak bisa memilah paket-paket mana yang akan disampaikan ke segmen yang lain. Bridge dapat meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya collision.


  1. Router
Komponen ini lebih kompleks dan mahal dibandingkan dengan komponen yang lain. Router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain, artinya router dapat menentukan rute terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan.


                                                                                                                                                                                                                                
7.       Transmitter / Receiver : Seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adapter.


                  8.      Wireless Access Point (WAP
WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot.


                  9.      Local Area Network (LAN) - card
Pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card.


                  10.  Wireless LAN (WLAN) – Adaptor
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat WLAN-adaptor semakin banyak ditemui, Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.

No comments:

Post a Comment