Search This Blog

Monday 18 May 2015

Mesozoikum



Mesozoikum (Bahasa Yunani: μεσο, meso, "antara" dan ζωον, zoon, "hewan" atau berarti "hewan pertengahan") adalah salah satu dari tiga era geologi pada eonFanerozoikum. Pembagian waktu menjadi era ini diawali oleh Giovanni Arduino padaabad ke-18, walaupun nama asli yang diberikannya untuk Mesozoikum adalahSekunder (menjadikan era modern menjadi Tersier). Era yang berlangsung antaraPaleozoikum dan Kenozoikum ini sering pula disebut Zaman Kehidupan Pertengahanatau Zaman Dinosaurus, mengikuti nama fauna yang dominan pada masa itu.
Mesozoikum ditandai dengan aktivitas tektonikiklim, dan evolusiBenua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain menjadi seperti keadaannya saat ini. Pergeseran ini menimbulkan spesiasi dan berbagai perkembangan evolusi penting lainnya. Iklim hangat yang terjadi sepanjang periode juga memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi spesies hewan baru. Pada akhir zaman ini, dasar-dasar kehidupan modern terbentuk.
Mesozoikum berlangsung kurang lebih selama 180 juta tahun, antara 251 hingga 65 juta tahun yang lalu. Era ini dibagi menjadi tiga periodeTriasJura, dan Kapur.

1. Jaman Prasejarah Arkaekum
Jaman arkaekum ini merupakan jaman awal dengan keadaan kulit bumi yang masih panas. Jaman arkaekum ini memiliki rentang waktu atau terjadi kurang lebih selama 2.500 juta tahun. Dengan keadaan kulit bumi yang masih panas tersebut, membuat bumi belum ada penghuninya dan itu berlangsung selama 2.500 juta tahun.
2. Jaman Prasejarah Paleozoikum
Pada jaman paleozoikum ini sudah ada makhluk hidup yang menghuni bumi. Makhluk hidup yang menghuni bumi pada jaman paleozoikum bukan manusia tetapi makhluk halus yaitu mikroorganisme, jenis ikan, jenis reptil, jenis amfibi dan jenis-jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Jaman paleozoikum ini berlangsung lebih cepat dari jaman arkaekum yaitu berlangsung selama 340 juta tahun.
3. Jaman Prasejarah Mesozoikum
Semakin kedepan semakin cepat pula berlangsungnya sebuah jaman termasuk juga jaman mesozoikum yang terjadi setelah jaman mesozoikum yaitu berlangsung selama 140 juta tahun. Pada jaman mesozoikum, perkembangan reptil mencapai puncaknya sehingga banyak yang menyebut jaman mesozoikum ini sebagai jamannya reptil. Akan tetapi setelah melewati akhir jaman yang kurang lebih 140 juta tahun tersebut, reptil-reptil penghuni bumi mengalami masa kepunahan. Sebagai pengganti jenis reptil, maka muncullah berbagai jenis hewan lain yang menggantikannya yaitu jenis burung dan jenis hewan menyusui tetapi dengan jenis tingkatan yang masih rendah.
4. Jaman Prasejarah Neozoikum
Jaman neozoikum ini merupakan jaman baru dibumi, dan terbagi atas dua jaman yaitu :
a. Jaman Ketiga (Tersier)
Pada jaman ketiga ini jenis hewan menyusui yang menghuni bumi mulai berkembang contoh hewan menyusui pada jaman ini adalah kera. Terjadinya jaman ketiga ini berlangsung selama kurang lebih 60 juta tahun.
b. Jaman Keempat (Kuartier)
Nah pada jaman inilah merupakan jaman dimana manusia ada dan menghuni bumi.
Adanya kehidupan manusia ini tidak serta merta manusia yang menghuni bumi tersebut memiliki perikehidupan yang sempurna. Jaman keempat ini dibagi menjadi dua jaman yaitu Jaman Pleistocen atau Dilluvium dan Jaman Holocen atau Alluvium.
Anda pastinya pernah mendengar istilah manusia purba kan...? Nah inilah awal jenis manusia dimana jenis manusia ini seperti yang saya utarakan belum memiliki pola perikehidupan yang sempurna jika dibandingkan dengan era modern. Jaman manusia purba ini disebut dengan Jaman Pleistocen atau Dilluvium yang berlangsung kurang lebih 600.000 tahun. Sedangkan jaman halocen atau alluvium berupakan jamannya manusia modern. Jaman halocen atau alluvium ini berlangsung kurang lebih 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang kearah jaman modern sampai sekarang ini. Homo Sapiens atau yang kita identikkan memiliki kesamaan dan ciri-ciri dengan manusia modern sekarang ini muncul pada jaman atau era holocen atau alluvium ini.
Oke cukup sekian tulisan tentang Jaman Prasejarah : Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum ini, semoga bermanfaat...Terima kasih.








 Zaman Neozoikum  diperkirakan  berusia 60 juta tahun yang lalu. Saat itu keadaan bumi sudah semakin memungkinkan untuk mendorong munculnya makhluk hidup lainnya seperti binatang menyusui, sejenis kera dan monyet.

Setelah musnahnya dinosaurus, sekitar ± 65 juta tahun yang lalu, dimulailah zaman Neozoikum (zaman kehidupan baru) yang  dikenal juga sebagai zaman Cenozoikum. Kehidupan berevolusi kearah apa yang kita kenal sekarang.

Zaman ini terbagi menjadi dua zaman (epoch = masa), yaitu zaman tersier dan zaman kuarter. Zaman Tersier berlangsung sekitar 60 juta tahun yang ditandai dengan munculnya beragam jenis binatang menyusui (mamalia). Zaman tersier terbagi menjadi zaman Pliosen, Miosen, Oligosen. Eosen, Paleosen. 

Zaman Kuarter berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu, yang ditandai dengan munculnya manusia purba. Zaman kuarter sendiri juga terbagi menjadi zaman Holocen (Holosin) dan zaman pleistocen. Era Pleitosen (deluvium) atau Zaman Es berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba.

Zaman pleistosen ditandai dengan meluasnya lapisan es di kedua kutub Bumi (zaman glacial) dan zaman ketika es kembali mencair (zaman interglacial). Zaman pleistosin berakhir sekitar 10.000 tahun Sebelum Masehi kemudian diiringi Zaman Holosen atau Zaman Alluvium yang berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalkzlFUGC.dpuf. Zaman Arkaikum


  Zaman ini merupakan zaman tertua yang diperkirakan beruasia 2500 juta tahun. Pada zamna ini keadaan bumi belum setabil dan masih panas. Kulit bumi dalam proses pembentukan dan pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan.

2. Zaman Paleozoikum
  Zaman ini diperkirakan berusia 340 juta tahun. Keadaan bumi belum setabil masih berubah-ubah. Zaman ini juga disebut zaman primer karena mulai ada tanda-tanda kehidupan.
  Beberapa kejadian penting yang terjadi dalam kurun waktu tersebut adalah tiga kepunahan masa utama. Kepunahan adalah total hilangnya seluruh anggota spesies atau kelompok takson yang lebih tinggi. Kepunahan massa adalah kepunahan dalam jumlah besar yang di alami spesies atau kolompok takson lebih tinggi yang tejadi dalam kurun waktu hanya beberapa juta tahun.
Zaman ini dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
a. Cambrium : Kambrium adalah periode pada skala waktu geologi yang dimulai pada sekitar 542 ± 1,0 jtl (juta tahun lalu) dan berakhir pada sekitar 488,3 ± 1,7 juta tahun yang lalu. Mulai muncul adanya tanda-tanda kehidupan di bumi, seperti : kerang dan ubur-ubur. Periode ini merupakan periode pertama era Paleozoikum. Kelimpahan makhluk hidup yang di temukan pada periode ini kemungkinan berhubungan dengan evolusi skeleton (rangka). Hal tersebut di tunjukan oleh fosil hewan ditemukan yang mempunyai skleton pelindung di sebelah luar. Dalam era Paleozoik mulai terjadi penguasaan daratan oleh makhluk hidup.
b. Silur : Silur adalah periode pada skala waktu geologi yang berlangsung mulai akhir periode Ordovisium, sekitar 443,7 ± 1,5 juta tahun lalu, hingga awal periode Devon, sekitar 416,0 ± 2,8 juta tahun yang lalu. Mulai ada tanda-tanda kehidupan hewan bertulang belakang tertua. Seperti : ikan.

c. Devon : Devon adalah periode pada skala waktu geologi yang termasuk dalam era Paleozoikum dan berlangsung antara 416 ± 2,8 hingga 359,2 ± 2,5 juta tahun yang lalu. Mulai ada tanda-tanda kehidupan binatang jenis amphibi tertua.

d. Carbon : Karbon adalah suatu periode dalam skala waktu geologi yang berlangsung sejak akhir periode Devon sekitar 359,2 ± 2,5 juta tahun yang lalu hingga awal periode Perm sekitar 299,0 ± 0,8 juta tahun yang lalu. Nama "karbon" diberikan karena adanya lapisan tebal kapur pada periode ini yang ditemukan di Eropa Barat. Mulai ada tanda-tanda kehidupan binatang merayap jenis reptil.

e. Perm : Perm atau permian adalah periode dalam skala waktu geologi yang berlangsung antara 299,0 ± 0,8 hingga 251,0 ± 0,4 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan periode terakhir dalam era Paleozoikum. Mulai ada tanda-tanda kehidupan hewan darat, ikan air tawar, dan amphibi. Zaman ini diakhiri dengan kepunahan massal.

No comments:

Post a Comment