Search This Blog

Monday 10 November 2014

Makalah Ramayana



Bab I Pendahuluan

1.1            latar belankang
kata I berasal dari bahasa sanskerta yaitu dai kata rama dan ayana yang berarti “ perjalana rama” adalah sebuah cerita epos dari india yg di gubah oleh valmiki dalam ( walmiki) balmiki Ramayana terdapat pula dalam khazanah sastra jwa dalam bentuk kekawin Ramayana.
    Dalam bahasa melayu di dapati pula hikayat sri rama yang isinya berbeda dengan kekawin Ramayana dalam bahasa jawa kuno. di india dalam bahasa sansekerta, Ramayana di bagi tujuh kitab/kanda yaitu : balakanda kitab pertama sang dasaratha yg mrnjadi raja ayodhya.
Ayodhya kanda kitab kedua sang dasaratha yg akan menyerahkan kepada sang rama, tetapi dihalangi oleh dewi kaikeyi.
Aranyakanda kitab ketiga dalam kitab ini diceritakanlah bagaimana sang rama dan laksamana membantu para tapa di sebuah asrama mengusir sekalian raksasa yg datang mengganggu.
Kiskindhakanda kitab keempat dalam kita ini di ceritakan bagaimana sang rama amat berduka cita akan hilangnya dei sita.
Sundarakanda kitab ke lima dalam kitab ini di ceritakan bagaimana sang hanuman datang ke alengka pura mencari tahu akan keaadaan dewi sita dan membakar kota alengka pura karena iseng.
Yuddhakanda kitab ke enam dalam kitab ini di ceritakan sang raja kera sugriva mengerahkan bala tentara kera menyapkan penyerangan alengka pura.
 
Uttarakanda menceritakan kisah pembuangan dewi sita karena sang rama mendengar desas desus dari rakyat yg sangsi kesucian dewi sita.
1.2            rumusan masalah
berdasarkan latar belakang di atas adapun rumusan permasalahan yg timbul dalam makalah ini yaitu jelaskan beberapa hal mengenai cerita Ramayana
1.3            tujuan
tujuan di buatnya makalah ini adalah untuk menambah wawasan para pembaca mengenai hal hal yang berkaitan dengan cerita Ramayana.
1.4            manfaat
manfaatnya sebagai penambah pengetahuan dan wawasan para pembaca mengenai cerita Ramayana.

1 comment: