Search This Blog

Monday 10 November 2014

Makalah Letak Astronomis Indonesia



Rangkuman    
1.1 Letak Astronomis Indonesia
               Secara astronomis indonesia terletak digaris khatulistiwa 6 lu  11 ls dan antara 95 bt  141 bt secara geografis indonesia terletak di antara dua samudra pasifik dan samudra hindia dan dua benua yaitu  benua asia dan benua australia. Keunggulan lokasi indonesia berpengaruh pada iklim, geostrategis dan kondisi tanah. Kegiatan hal tersebut memberikan keuntungan yang sangat besar bagi sejarah perjalanan bangsa indonesia sampai saat ini
                Akibat dari letak indonesia khatulistiwa, maka indonesia memiliki iklim suub tropis. Setiap tahunya ndonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pergantian musim di indonesia dipengaruhi oleh adanya angin muson barat dan timur. Kondisi iklim muson tropis sangat berpengaruh pada kondisi tanah wilayah indonesia. Kondisi tanah di indonesia secara langsung berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakyat indonesia. Kegiatan pertanian dan perkebunan berkembang pesat di berbagai daerah. Selain berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, keunggulan tanah indonesia juga berpengaruh pada kegiatan transportasi dan komonikasi. Adanya kekhasan kekayaan masyarakyat  di berbagai daerah di indonesia menyebabkan terjadinya hubungan saling membutuhkan dan ketergantungan. Hal iniberdampak pada kegiatan ekonomi yang semakin bervariasi. Distribusi barang dan jasa terjadi antar pulau. Kegiatan ekonomi tersebut mempengaruhi dan di pengaruhi oleh kegiatan tranportasi dan komonikasi . tranportasi darat, laut dan udara berkembang pesat di indonesia untuk mendukung mobilitas manusia dan distribusi barang antar pulau. Kemajuan teknologi informasi dan komonikai semakin mendukung terjadinya kegiatan ekonomi masyarakyat. Namun demikian bangsa, indonesia harus selalu waspada, karena kemajuan transportasi , teknologi informasi  dan komonikasi juga membawa dampak buruk trutama pengharuh asing yang negatip.
                  Keunggulan lokasi yang dimiliki indonesia juga membawa  pengaruh kedatangan bangsa – bangsa barat di indonesia pada masa lalu. Salah satu kedatangan bangsa – bangsa barat adalah terjadinya penjajahan di indonesia. Sejak zaman dahulu kekayan alam indonesia telah lama tersohsor hingga ke berbagai belahan dunia. Kondisi ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi


bangsa barat. Indonesia dikenal sebagai produsen rempah-rempah yang sangat di butuhkan negara-negara barat. Penjajahan bangsa-bangsa barat di indonesia mendapat perlawanan besar dari rakyat indonesia di berbagai daerah.




            Refleksi dan tindak lanjut
1.2  Letak astronomis indonesia

Apakah kamu telah memahami pengaruh keunggulan lokasi indonesia terhadap kegiatan ekonomi, transportasi dan komonikasi? Sudah apakah kamu memahami bahwa keunggulan lokasi tersebut juga berpengaruh terhadap kolonialisme pada masa lalu? Ya, karena berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian, transportasi dan komonikasi. Wilayah indonesia memiliki keunggulan lokasi yang sangat bermanfaat untuk memajukan pembangunan nasional. Karena itu, bangsa indonesia harus selalu menjaga kelestarian dan memanfaatkank secara optimal pengaruh keunggulan lokasi tersebut. Untuk memperdalam pemahaman dan kemampuanmu dalam memanfaatkan keunggulan lokasi, kamu dapat mempelajari tema berikutnya.
                         







 Rangkuman.
1.3 masalah kependudukan indonesia.
        indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penduduk yang sangat besar. Menurut data sensus tahun 2013, jumlah penduduk indonesia adalah 237 .647 .326 jiwa. Pada tahun 2014, jumlah penduduk indonesia sebanyak 250 .000 .000. besarnya penduduk di indonesia tidak lepas dari pengaruh pertumbuhan penduduk di indonesia, pertumbuhan penduseduk indonesia di sekitar indonesia sekitar 1 ,49persen pertahun
             dinamika penduduk indonesia meliputi persebaran dan persebar
dan pertumbuhan penduduk, kmposisi peduduk dan migrasi penduduk. Tiga hal tersebut yang berpengaruh peningkatan kualitas penduduk. Bangsa indonesia mengadapi masalah dalam hal persebaran penduduk dan pertumbuhan penduduk. Jumlah penduduk yang besar, sbagian besar tinggal di pulau jawa. Hal ini berdampak pada berbagai permasalahan sosial masyarakyat. Pertumbuhan peduduk 1 ,49persen sangat berarti karena jumlah penduduk indonesia mencapai 250 juta jiwa.
             Jumlah penduduk yang besar dan berkualitas tentu menjadi salah satu modal dasar pembangunan bangsa indonsia. Penduduk yang berkualitas dapat jumlah penduduk yang buta hurup, berarti kondisi pendidikan  di suatu negara semakain baik. Indikator kesehatan penduduk salah satunya dapat dilihat dari harapan hidup bangsa indonesia. Sedangkan kesejahteraan penduduk, ditentukan oleh pendapatan kasar penduduk per tahun.
              Peranan kualitas penduduk juga berhubungan dengan proses pergerakan nasional (gerakan  kebangsaan) bangsa indonesia. Meningkatkan kualitas penduduk dalam dalam bidang pendidikan akibat politik etis pada awal abad 99 mendorong perkembangan pergerakan kebangsaan indonesia. Pertumbuhan kaum cerdik pandai, membawa perubahan pada pola pikir dan  strategi perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia. Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 merupaka tonggak perjuangan pergerakan nasional bangsa indonesia. Corak perjuangan berubah dari lokal menjadi nasional, tradisional menjadi moderen, hanya dengan senjata menjadi dengan berbagai cara. Meningkatkan kualitas kualitas pendidikan benar – benar telah mengubah jalan hidup bangsa indonesia. Pergerakan nasional sebagai cara baru mencapai kemerdekaan berhasil mencapai kemerdekaan berhasil mencapai cita-cita pada proklamasi kemerdekaan republik indonesia 17 Agustus 1945.

     Refleksi dan tindak lanjut
1.4 masalah kependudukan indonesia.
Jumlah penduduk indonesia pada tahun 2014 tejumlah mencapai 250 juta jiwa. Jumlah tersebut trus berkembang, sementara luas wilayah indonesia tidak mengalami penambahan. Apakah kamu telah memahami bagaimana dinamika ke pendudukan indonesia? Sudah  apa saja dampak yang ditimbulkan akibat pertumbuhan penduduk dan komposisi penduduk indonesia? Dampaknya adalah terganggunya kegiatan ekonomi, transportasi dan komonikasi. Tindakan apa yang harus dilakukan bangsa indonesia terhadap pertumbuhan penduduk yang besar? menunda masa perkawinan muda, menjalankan frogram kb terhadap kau perempuan.












                             
                                         GLOSARIUM

Aksesibilitas                                       :keterjangkauan atau mudah tidaknya suatu                                                                                                                                                                                                                                                      
                                                              Tempat untuk dijangkau
Comanditer veenonscaft                 :sutu persekutuan yang didirikan oleh                                                                                                                                                                                                                                            
                                                 Seseorang atau beberapa orang yang
                                                              Dipercayakan uang atau barang kepada
                                                              Seorang yang menjalankan perusahan  
                                                              Dan bertindak memimpin.
Efisiensi                                              :salah satu cara untuk menilai efisiensi
Entitas ( entity )                                :sebuah objek yang keberadaanya dapat di

No comments:

Post a Comment