Fungsi
Perusahaan meliputi dari Fungsi Produksi, Faktor Pemasaran, Fungsi SDM dan juga
Fungsi Keuangan. Adapun Pengertian serta Penerapannya pada Perusahaan di tempat
saya bekerja adalah sebagai berikut :1) FUNGSI PRODUKSI
Produksi adalah usaha menciptakan dan
meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan.Sebuah
fungsi produksi menghubungkan input dengan output. Fungsi tersebut menentukan
kemungkinan output maksimum yang bisa diproduksi dengan sejumlah input tertentu
atau sebaliknya, kuantitas input minimum yang diperlukan untuk memproduksi
suatu tingkat Output tertentu. Fungsi produksi ditentukan oleh teknologi yang
tersedia bagi sebuah perusahaan. Karena itu, input/output untuk setiap sistem
produksi merupakan suatu fungsi dari hubungan tingkat teknologi dari
pabrik,
peralatan, tenaga kerja, bahan-bahan dan lain-lain yang digunakan perusahaaan
tersebut. Setiap perbaikan teknologi seperti pemakaian komputer untuk melakukan
proses pengendalian yang memungkinkan sebuah perusahaan industri bisa
memproduksi sejumlah output tertentu dengan bahan baku yang lebih sedikit,
energi dan tenaga kerja yang sedikit, atau adanya suatu program latihan yang
bisa meningkatkan produktivitas tenaga kerja, akan menghasilkan sebuah fungsi
produksi yang baru. Sifat-sifat dasar dari fungsi produksi bisa dilukiskan
melalui penelaahan sebuah fungsi produksi sederhana dengan fungsi produksi baru
yang lebih kompleks. Sifat-sifat dasar dan fungsi produksi bisa dilukiskan
melalui penelaahan sebuah fungsi produksi sederhana dengan sistem dua-input
satu-output.2)
FUNGSI
PEMASARAN
Pemasaran
adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang
perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses
sosial manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk
yang bernilai kepada pihak lain.Menurut William J. Shultz, fungsi
pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bisnis yang terlibat dalam
menggerakkan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen. Dalam konsep
fungsi pemasaran Sofjan Assauri (1987: 19) mengklasifikasikan fungsi-fungsi
pemasaran atas tiga fungsi dasar yaitu; fungsi transaksi/transfer meliputi :
pembelian dan penjualan; fungsi supply fisik (pengangkutan dan penggudangan
atau penyimpanan); dan fungsi penunjang (penjagaan, standarisasi dan grading,
financing, penanggungan resiko dan informasi pasar).
Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang disoroti
dalam tulisan ini adalah :
1. Pembelian
(Buying)
Ialah fungsi yang mengikuti aktivitas-aktivitas mencari dan
mengumpulkan barang-barang yang di perlukan sebagai persediaan memenuhi
kebutuhan konsumen. Fungsi ini pada dasarnya merupakan proses atau kegiatan
mencari penjual dan merupakan tibal balik dari kegiatan penjualan (Selling).
Untuk itu maka, sangat perlu dipahami kegiatan apa saja yang dapat
mengakibatkan orang melakukan pembelian.2. Penjualan
(Selling)
Mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk mencari
calon pembeli produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menguntungkan.
Kegiatan penjualan merupakan lawan dari pembelian. Buying tidak akan
terjadi tanpa selling demikian pun sebaliknya.3. Transportasi
Adalah proses pendistribusian atau pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain.
4. Penggudangan/
penyimpanan
Ialah fungsi penyimpanan produk yang dibeli sebagai
persediaan agar terhindar dari resiko kerusakan maupun resiko lainnya.5. Informasi
Pasar
Poin ini merupakan fungsi pemasaran yang luas dan penting,
karena fungsi ini memberikan informasi tentang situasi perdagangan pada umumnya yang berhubungan dengan
produk, harga yang inginkan konsumen dan situasi pasar secara menyeluruh.
Menurut Sofjan Assauri (1987: 303) yang dimaksudkan dengan informasi adalah
keterangan baik berupa data atau fakta maupun hasil analisa, pertimbangan atau
pandangan dari yang menyampaikan mengenai kondisi yang berkaitan dengan
kebutuhan dalam pengambilan keputusan.
3)
FUNGSI SDM ( Sumber Daya Manusia)
Sumber
Daya Manusia adalah bagian dari manajemen yang berurusan dengan pekerjaan
orang/karyawan/pegawai dalam suatu perusahaan yang bertanggung jawab dalam
kesejahteraan karyawan tersebut, sehingga mereka dapat berkontribusi secara
efektif sebagai suatu grup / tim dan berkontribusi untuk suksesnya organisasi
tersebut. FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA
I. Fungsi
Pokok Manajemen Sumber Daya manusia·
Perencanaan
Merencanakan pengadaan, pengembangan, pemeliharaan,
dan pemanfaatan sumber daya manusia
·
Pengorganisasian
Menyusun organisasi dengan mendesaint struktur
organisasi dan hubungan antara tugas yang dikerjakan dengan tenaga kerja yang
dipersiapkan·
Pengarahan
Memberikan dorongan sehingga tenaga kerja mempunyai
kemauan dalam bekerja· PengawasanMembandingkan antara pekerjaan yang telah dilakukan dengan standar
kerja yang telah dipersiapkan. II.
Fungsi Operasional Sumber daya Manusia / Proses staffing·
Perencanaan
sumber daya manusia
Penentuan kebutuhan tenaga kerja baik secara kuantitatif maupun
kualitatif serta cara memenuhi kebutuhan tenaga kerja.Diamana dalam
perencanaan sumber daya manusia harus mempunyai alat yang digunakan yaitu
analisa jabatan ( Job Analisys ) dan standar kinerja jabatan (job performance
standard·
Penarikan (
Recruitment )
Proses menyediakan sekelompok calon tenaga kerja
yang cukup banyak sehingga memungkinkan organisasi dapat memilih calon tenaga
kerja yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dari sumber yang beraneka
ragam.·
Seleksi /
Selection
Proses memilih calon tenaga kerja yang cakap sehingga diperoleh orang
yang tepat pada waktu yang tepat dan pada jabatan yang tepat.·
Penempatan
Proses memasang orang pada jabata yang sudah direncanakan.
·
Indoctrination
/ orientasi.
Masa percobaan sebelum tenaga kerja tersebut diangkat menjadi tenaga
kerja tetap. 4) FUNGSI KEUANGAN
Manajemen
Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan,
pengelolaan, pengendalian, pencairan dan penyimpanan dana yang dimliki oleh
organisasi atau perusahaan. Penjelasan singkat
masing-masing fungsi manajemen Keuangan:a)
Perencanaan
Keuangan
Membuat rencana
pemasukan dan pengeluaranserta kegiatan kegiatan lainnya untuk periode tertentu.b) Penganggaran Keuangan
Tindak Lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail
pengeluaran dan pemasukan.c) Pengelolaan Keuangan
Menggunakan Dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan
berbagai carad) Pencairan Keuangan
Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional
kegiatan perusahaan.e) Penyimpanan Keuangan
Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan amanf) Pengendalian Keuangan
Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan
pada perusahaan.g) Pemeriksaan Keuangan
Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak
terjadi penyimpangan. Fungsi Utama Manajemen
Keuangan·
Investasi
Decision yaitu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola perusahaan.
·
Financing Decision
yaitu keputusan berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan
penetapan pertimbangan pembelanjaan yang terbaik.
Pembelanjaan
suatu perusahaan dibagi menjadi dua bagian yaitu:o pembelanjaan aktif
usaha menyangkut bagaimana perusahaan mengelola penggunaan
danao pembelanjaan pasifusaha
menyangkut bagaimana perusahaan mengkoordinir dan mendapatkan sumber – sumber
dana·
Assets Manajemen Decision yaitu keputusan berkaitan penggunaan
dan pengelolaan aktiva.
x
No comments:
Post a Comment