Search This Blog

Sunday, 21 June 2015

FUNGSI PERUSAHAAN

            Fungsi Perusahaan meliputi dari Fungsi Produksi, Faktor Pemasaran, Fungsi SDM dan juga Fungsi Keuangan. Adapun Pengertian serta Penerapannya pada Perusahaan di tempat saya bekerja adalah sebagai berikut :1)    FUNGSI PRODUKSI
Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan.Sebuah fungsi produksi menghubungkan input dengan output. Fungsi tersebut menentukan kemungkinan output maksimum yang bisa diproduksi dengan sejumlah input tertentu atau sebaliknya, kuantitas input minimum yang diperlukan untuk memproduksi suatu tingkat Output tertentu. Fungsi produksi ditentukan oleh teknologi yang tersedia bagi sebuah perusahaan. Karena itu, input/output untuk setiap sistem produksi merupakan suatu fungsi dari hubungan tingkat teknologi dari

pabrik, peralatan, tenaga kerja, bahan-bahan dan lain-lain yang digunakan perusahaaan tersebut. Setiap perbaikan teknologi seperti pemakaian komputer untuk melakukan proses pengendalian yang memungkinkan sebuah perusahaan industri bisa memproduksi sejumlah output tertentu dengan bahan baku yang lebih sedikit, energi dan tenaga kerja yang sedikit, atau adanya suatu program latihan yang bisa meningkatkan produktivitas tenaga kerja, akan menghasilkan sebuah fungsi produksi yang baru. Sifat-sifat dasar dari fungsi produksi bisa dilukiskan melalui penelaahan sebuah fungsi produksi sederhana dengan fungsi produksi baru yang lebih kompleks. Sifat-sifat dasar dan fungsi produksi bisa dilukiskan melalui penelaahan sebuah fungsi produksi sederhana dengan sistem dua-input satu-output.2)    FUNGSI PEMASARAN
Pemasaran adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.Menurut William J. Shultz, fungsi pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bisnis yang terlibat dalam menggerakkan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen. Dalam konsep fungsi pemasaran Sofjan Assauri (1987: 19) mengklasifikasikan fungsi-fungsi pemasaran atas tiga fungsi dasar yaitu; fungsi transaksi/transfer meliputi : pembelian dan penjualan; fungsi supply fisik (pengangkutan dan penggudangan atau penyimpanan); dan fungsi penunjang (penjagaan, standarisasi dan grading, financing, penanggungan resiko dan informasi pasar).
Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang disoroti dalam tulisan ini adalah :
1.     Pembelian (Buying)
Ialah fungsi yang mengikuti aktivitas-aktivitas mencari dan mengumpulkan barang-barang yang di perlukan sebagai persediaan memenuhi kebutuhan konsumen. Fungsi ini pada dasarnya merupakan proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan tibal balik dari kegiatan penjualan (Selling). Untuk itu maka, sangat perlu dipahami kegiatan apa saja yang dapat mengakibatkan orang melakukan pembelian.2.     Penjualan (Selling)
Mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk mencari calon pembeli produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menguntungkan. Kegiatan penjualan merupakan lawan dari pembelian. Buying tidak akan terjadi tanpa selling demikian pun sebaliknya.3.     Transportasi
Adalah proses pendistribusian atau pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain.
4.     Penggudangan/ penyimpanan
Ialah fungsi penyimpanan produk yang dibeli sebagai persediaan agar terhindar dari resiko kerusakan maupun resiko lainnya.5.     Informasi Pasar
Poin ini merupakan fungsi pemasaran yang luas dan penting, karena fungsi ini memberikan informasi tentang situasi perdagangan pada umumnya yang berhubungan dengan produk, harga yang inginkan konsumen dan situasi pasar secara menyeluruh. Menurut Sofjan Assauri (1987: 303) yang dimaksudkan dengan informasi adalah keterangan baik berupa data atau fakta maupun hasil analisa, pertimbangan atau pandangan dari yang menyampaikan mengenai kondisi yang berkaitan dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan.
  3)    FUNGSI SDM ( Sumber Daya Manusia)
Sumber Daya Manusia adalah bagian dari manajemen yang berurusan dengan pekerjaan orang/karyawan/pegawai dalam suatu perusahaan yang bertanggung jawab dalam kesejahteraan karyawan tersebut, sehingga mereka dapat berkontribusi secara efektif sebagai suatu grup / tim dan berkontribusi untuk suksesnya organisasi tersebut.            FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA
I.        Fungsi Pokok Manajemen Sumber Daya manusia·      Perencanaan
Merencanakan pengadaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemanfaatan sumber daya manusia
·      Pengorganisasian
Menyusun organisasi dengan mendesaint struktur organisasi dan hubungan antara tugas yang dikerjakan dengan tenaga kerja yang dipersiapkan·      Pengarahan
Memberikan dorongan sehingga tenaga kerja mempunyai kemauan dalam bekerja·      PengawasanMembandingkan antara pekerjaan yang telah dilakukan dengan standar kerja yang telah dipersiapkan. II.        Fungsi Operasional Sumber daya Manusia / Proses staffing·         Perencanaan sumber daya manusia
Penentuan kebutuhan tenaga kerja baik secara kuantitatif maupun kualitatif serta cara memenuhi kebutuhan tenaga kerja.Diamana dalam perencanaan sumber daya manusia harus mempunyai alat yang digunakan yaitu  analisa jabatan ( Job Analisys ) dan standar kinerja jabatan (job performance standard·         Penarikan ( Recruitment )
Proses menyediakan sekelompok calon tenaga kerja yang cukup banyak sehingga memungkinkan organisasi dapat memilih calon tenaga kerja yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dari sumber yang beraneka ragam.·         Seleksi / Selection
Proses memilih calon tenaga kerja yang cakap sehingga diperoleh orang yang tepat pada waktu yang tepat dan pada jabatan yang tepat.·         Penempatan
Proses memasang orang pada jabata yang sudah direncanakan.
·         Indoctrination / orientasi.
Masa percobaan sebelum tenaga kerja tersebut diangkat menjadi tenaga kerja tetap. 4)    FUNGSI KEUANGAN
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencairan dan penyimpanan dana yang dimliki oleh organisasi atau perusahaan.            Penjelasan singkat masing-masing fungsi manajemen Keuangan:a)    Perencanaan Keuangan
Membuat rencana pemasukan dan pengeluaranserta kegiatan kegiatan lainnya untuk periode tertentu.b)    Penganggaran Keuangan
Tindak Lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.c)    Pengelolaan Keuangan
Menggunakan Dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai carad)    Pencairan Keuangan
Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.e)    Penyimpanan Keuangan
Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan amanf)     Pengendalian Keuangan
Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.g)    Pemeriksaan Keuangan
Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.            Fungsi Utama Manajemen Keuangan·         Investasi Decision yaitu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola perusahaan.
·         Financing Decision yaitu keputusan berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan penetapan pertimbangan pembelanjaan yang terbaik.
Pembelanjaan suatu perusahaan dibagi menjadi dua bagian yaitu:o   pembelanjaan aktif
usaha menyangkut bagaimana perusahaan mengelola penggunaan danao   pembelanjaan pasifusaha menyangkut bagaimana perusahaan mengkoordinir dan mendapatkan sumber – sumber dana·         Assets Manajemen Decision yaitu keputusan berkaitan penggunaan dan pengelolaan aktiva.

x

No comments:

Post a Comment