Search This Blog

Monday 16 March 2015

Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi



1.1Latar Belakang
Topologi Jaringan adalah studi mengenai pengaturan elemen-elemen dari suatu jaringan, khususnya hubungan fisik dan lojik antar simpulsimpul. Local Area Network (LAN) adalah salah satu contoh dari sebuah jaringan yang menunjukkan topologi fisik dan lojik sekaligus. Suatu simpul dalam LAN akan mempunyai satu atau lebih hubungan dengan satu atau lebih simpul di dalam jaringan dan pengaturan hubungan-hubungan dan simpul-simpul ini dapat dibuat dalam bentuk graf yang berbentuk geometris yang dapat menentukan topologi fisik dalam suatu jaringan. Selain itu, pengaturan aliran data antar simpul di dalam jaringan menentukan topologi lojik dalam suatu jaringan.
Penting untuk diperhatikan bahwa topologi fisik dan lojik mungkin identik di dalam jaringan manapun tetapi mungkin juga berbeda.
 Suatu topologi jaringan ditentukan hanya oleh pengaturan grafis dan pengaturan hubungan fisik atau lojik antar simpul. Topologi secara teknis adalah bagian dari teori graf. Jarak antar simpul, hubungan fisik, dan atau tipe sinyal mungkin berbeda dalam dua jaringan tersebut dan mungkin juga topologi mereka mirip.
Beberapa orang mungkin berpikir bahwa sebuah topologi sebagai bentuk atau struktur maya. Bentuk ini mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan keadaan letak fisik suatu alat dalam jaringan. Sebagai contoh, komputerkomputer di dalam LAN rumahan mungkin diatur dalam sebuah lingkaran di dalam sebuah ruang keluarga tetapi itu mungkin tidak seperti mencari topologi cincin yang sebenarnya. Dua jaringan dikatakan mempunyai topologi yang sama apabila pengaturan hubungannya sama, walau hubungan fisik, jarak antar simpul, dan tipe sinyalnya berbeda.



1

                                                 BAB II
ISI
   TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
2.1 Topologi Jaringan Tree

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan herarki yang berbeda. Untuk herarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin ke atas mempunyai herarki semakin tinggi. Topologi jaringan ini paling umum di gunakan karena memiliki kehandalan yaitu jika salah satu kabel putus pada wokstation atau client tidak berpengaruh pada hubungan workstation atau client lainnya.           

Kelebihan topologi jaringan tree adalah :
-pengkabelan point-to-point untuk setiap bagian jaringan                                                                -didukung oleh banyak vendor perangkat keras dan perangkat lunak         
Kelemahan topologi jaringan tree adalah :
-Jumlah panjang total masing-masing bagian dibatasi oleh tipe pengkabelan yg digunakan                                                                                                              -Jika kabel jalur putus maka seluruh bagian jaringan akan tidak bekerja                                                    -Sulit dalam konfigurasi dan pengkabelan 
                                                2
2.2 Topologi Jaringan Mesh

  Topologi jaringan mesh  suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links). Topologi jaringan ini memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software. 

                                                              
Kelebihan topologi jaringan mesh adalah :
-Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.                                                                                                        -Terjaminnya kapasitas channel komunikasi,karena memiliki hubungan yang berlebih                                                                                                                                                                                                                              -Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot 
 Kelemahan topologi jaringan mesh adalah :
-Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi                                                                               ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.                                                                                                           -Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.


3

2.3 Topologi Jaringn Hybrid
Topologi Hybrid adalah Kombinasi dari dua atau lebih topologi berbeda berpadu menjadi satu bentuk baru pada sistem jaringan komputer. Bila topologi berbeda terhubung ke satu sama lainnya dan tidak menampilkan satu karakteristik topologi tertentu maka bentuk desain jaringan ini disebut topologi jaringan hybrid.           



Kelebihan topologi jaringan hybrid adalah:                                                                                                               - Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan                                                                             - Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui                                        computer lainnya           

kelemahan topologi jaringan hybrid adalah :
 -Setiap perangkat harus memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.                                                                                                                          -Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena computer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.

                                               

4

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan yaitu node,link dan station. Topologi terdiri dari beberapa jenis yaitu topologi bus, topologi ring, topologi star, topologi tree, dan topologi mesh, yang masing-masingnya mempunyai kelebihan dan kekuragan.
Dalam perbandingan antara semua topologi yang sudah dijelaskan sebelumnya, topologi yang paling baik digunakan yaitu topologi star karena jika salah satu omputer down tidak mempengaruhi yang lain & pelacakan kesalahan sangat cepat dan akses ke omputer lain lebih cepat & mudah untuk di upgrade.

3.2 Saran
Dalam makalah ini penulis menyarankan agar pembaca dapat mengerti mengenai topologi jaringan dan pembagian-pembagiannya.
Penulis menyadari bahwa makalah ditulis ini belum sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan yang positif agar dapat mengoreksi kesalahan yang ada dalam makalah ini.

No comments:

Post a Comment